Kamis, 10 Januari 2013

TUGAS UAS PSIKOLOGI PERSEPSI

Dalam memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Persepsi untuk membuat poster tentang makanan tradisional dan poster kritik sosial yang diberikan oleh Muh. Bahruddin, S.Sos., M.Med.Kom . Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang poster yang saya buat :


1. Poster Makanan Tradisional




Kue Lemper : Kue lemper adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras kemudian didalamnya berisi ayam, daging, dll.

Konsep : konsep yang saya buat pada poster saya adalah foto grafi yang dibingkai didalam kotak.
saya menggunakan warna hitam dan abu abu karena warna hitam dan abu abu terlihat sangat elegan sehingga produk kue lemper nya terlihat menarik.

Visual : Secara keseluruhan, tampilan gambar yang ada pada poster ini adalah fotografi produk. Pada bagian atas terdapat tagline "KUE LEMPER", agar konsumen mengetahui nama jajanan tradisional yang ada di dalam poster dan agar konsumen bisa melestarikan makanan tradisional yang sudah diwariskan.

Segmentasi pasar : Target audien dari poster yang saya buat adalah masyarakat kalangan menengah dan menengah ke bawah. harapan saya poster ini dapat lebih dikenal dengan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Prediksi hasil : Dengan menggunakan konsep fotografi yang saya desain sesimpel mungkin, saya harap masyarakat akan dengan mudah menerima poster dan akan mendapat respon positif dari pasar. 


2. Poster Kritikan Sosial




Konsep : Dalam poster kritik sosial ini saya menggunakan konsep sindiran terhadap hukum yang ada di negri ini yang sangat tidak adil. didalam poster ini menggambarkan bahwa "Mantan Pejabat" diperlakukan istimewa sedangkan " Rakyat Biasa" mendapatkan fasilitas yang biasa biasa saja.

Visual : Dari segi visual saya menggunakan gambar vektor kartun orang yang ada di dalam penjara dan penjara tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dimana "Mantan Pejabat" dapat fasilitas yang sangat istimewa, dimana di dalamnya terdapat AC,TC,Sofa, dan tempat tidur. sedangkan didalam sel orang biasa tidak ada fasilitas apapun.

Segmentasi Pasar : Segmentasi pasar pada poster ini adalah orang dewasa terutama para penegak hukum. sehingga mereka bisa berlaku adil dan menhukum sesuai dengan undang-undang dan tidak mau di SUAP.

Prediksi Hasil : Hasil yang saya prediksikan dari masyarakat terutama para penegak hukum terhadap poster ini adalah adanya respon yang positif dan pesan yang ada didalam poster dapat tersampaikan dengan baik serta adanya pengaruh positif yang nyata terhadap para penegak hukum yang telah melihat poster ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar